Cara Menggunakan Google Meet

 Google meet. Ya, aplikasi yang satu ini sangat berguna bagi anda yang ingin bertatap muka tapi tidak perlu bertemu secara fisik. Entah itu rapat secara online, sekolah secara online, ingin video call an rame rame memang aplikasi ini jawabannya. Kali ini gilbertutor akan membahas cara menggunakannya. 


Gilbertutor akan menjelaskan dasar dasarnya saja ya temen temen. 

Simak tutorial dibawah !!


Untuk pengguna yang baru pertama kali 


Langkah 1 • Buka aplikasi tersebut. Jika anda belum punya, anda dapat mendownloadnya di playstore. Atau anda dapat juga klik tautan ini.

Langkah 2 • Jika anda belum pernah membukanya, maka akan ada tampilan selamat datang. Pilih "Continue"

Langkah 3 • Akan ada permintaan perizinan. Izinkan saja semuanya agar aplikasi dapat menjalankan tugasnya dengan leluasa tanpa halangan dari smartphone kita

Langkah 4 • Lalu biasanya akan ada tampilan dimana anda disuruh memilih akun yang akan anda gunakan. Silahkan Pilih salah satu. (Jika tidak ada tampilan ini. Maka anda akan masuk ke tampilan utama)

Cara membuat meeting room


Langkah 1 • Pilih menu bertuliskan "+ New Meeting"

Langkah 2 •  maka akan ada notifikasi mengenai link share. Silahkan anda tekan "tanda silang" di sudut kanan atas notif tersebut.

Langkah 3 • Sampai sini meeeting room sudah jadi. Untuk memasukkan member, silahkan pilih "tanda seru" sebelah kanan.

Langkah 4 • Anda dapat membagikan kode meeting room dan calon member akan menggunakan kode tersebut untuk masuk ke meeting room anda. Atau anda dapat share link dan calon member tinggal mengklik link itu dan secara otomatis join kesana. 
Kotak merah : kode
Kotak hijau : Link

Langkah 5 • Biasanya admin dari meeting room akan diminta untuk mrngkonfirmasi member yang ingin masuk. Silahkan anda konfirmasi satu per satu

Cara masuk ke meeting room


Ini tergantung dari admin (pengelola). 

Jika dia mengirim anda link, maka anda hanya perlu mengklik link tersebut. 

Dan jika dia mengirimkan anda kode, maka anda hanya perlu menekan "meeting code" yang berada di samping "+ new meeting" di menu utama. Lalu ketikkan kodenya

Berikut beberapa fitur yang perlu anda ketahui


1. ON/OFF Mic dan Kamera

Saya rasa sudah banyak yang mengetahui tombol ini. Seiring dengan lamanya anda memakai aplikasi ini

2.  Mengatur Speaker yang di gunakan

Anda dapat mengklik tombol yang ditunjukkan pada gambar. Lalu akan ada beberapa pilihan. Untuk membuat suara keluar dari speaker utama (yang bersuara besar) pilih speaker. 

Untuk membuat suara keluar dari speaker di didepan (yang bersura kecil) pilih Phone. Dan jika anda tidak ingin mendengarkan suara dari member lain sama sekali, pilih Audio Off.

Akhir Kata


Sekian la tutorial buat pemula yang ingin menggunakan google meet. Semoga tutorial nya bermanfaat. Jangan lupa kalau ada yang ingin ditanya, jangan ragu, kalian dapat menanya sepuasnya. Selama saya ada waktu pasti saya balas. 

Sekian dulu ya,
Sampai jumpa lagi!!














Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Meet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel