Cara Mengkompres File Menggunakan Zarchiver

 ​Mengkompres file merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Dengan mengompres sebuah file, kita dapat menghemat penyimpanan di handphone kita. Di tutorial kali ini kita akan menghasilkan file berformat .zip. format tersebut cukup umum untuk digunakan dibandingkan dengan format lain. Ia dapat mengubah dari banyak file menjadi sebuah  file (satu file). Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan kita untuk mengirimkan file yang berat menjadi lebih ringan, sehingga proses pengiriman akan menjadi cepat. Metode ini sangat menghemat waktu dan meningkatkan keefektifan dalam mengirim sebuah file. 


Apa itu compress ?


Secara umum, compress (dalam bahasa inggris) adalah suatu metode/cara sebuah sistem untuk merubah ukuran (size) suatu file menjadi lebih ringan. Ia mengubah beberapa file menjadi satu. File tersebut akan dipadatkan sehingga menghasilkan ukuran yang lebih ringan.

Apa fungsi compress?

Dengan definisi diatas, kita dapat mengambil pengertian tersebut untuk menentukan fungsi dari kompress itu sendiri. 

1. Mempercepat pengiriman file

Dengan ukurannya yang lebih kecil, sudah jelas itu memangkas waktu pengiriman. Tidak hanya ukuran, kompress juga membuat banyak file menjadi satu.dengan File yang berjumlah satu tersebut, akan mempercepat yang super cepat. Perlu diketahui, pengiriman file yang memiliki dokumen berjumlah banyak (kuantitas), memerlukan waktu yang sangat lama sekali. Berbeda dengan satu file yang memiliki berat yang lumayan. Tetap akan lebih cepat ketimbang file yang memiliki dokumen banyak didalamnya.

Contoh : Anda ingin mengirim sebuah file (berjumlah 1 (satu) dokumen) dengan berat 200 mb. Lalu saya ingin mengirim kan file dengan jumlah dokumen  1000 tapi hanya memiliki berat 100 mb. Walaupun berat sebuah file (1 dokumen) 200 mb, tetap saja yang tercepat adalah yang 200 mb tersebut.

2. Menambah kapasitas penyimpanan

 Sudah jelas, dengan ukuran yang lebih kecil, akan menambah kapasitas penyimpanan handphone kita. Kita dapat memasukkan file kedalam hp kita. Perlu diketahui File yang dikompress tidak dapat digunakan. Oleh sebab itu anda perlu mengekstrak file tersebut untuk dapat menggunakannya seutuhnya. Oleh sebab itu, sebaiknya file yang ada kompress adalah file yang tidak perlu anda akses dalam waktu dekat. Misalnya, file berisi kisah hidup kita, file yang sebenarnya anda tidak butuhkan lagi tapi anda rasa perlu untuk menyimpannya, ataupun berisi foto foto kenangan. Semua masalah itu, dapat dipecahkan dengan kompress ini

Cara Mengkompres File Menggunakan Zarchiver


Tutorial kali ini kita akan menggunakan aplikasi "Zarchiver". Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di playstore.

Langkah 1 • Pastikan anda telah menentukan letak file yang akan anda kompress

Langkah 2 • Jika sudah, buka aplikasi zarchiver

Langkah 3 • Lalu cari file yang ingin anda kompress yang sudah anda tentukan di langkah 1 tadi. Disini saya akan mengkompres salah satu file saya bernama "gambar"

Langkah 4 • Jika sudah menemukan file anda, Tekan tahan file tersebut hingga muncul menu di bagian bawah

Langkah 5 • Pilih bagian yang bernama "kompres ke *.zip".

Langkah 6 • Anda dapat menghapus file yang menjadi sumber tadi (file awal). Sehingga akan menjadi ringan.

Jika sewaktu waktu anda membutuhkan file tersebut anda dapat mengekstrakkan nya kembali

Akhir kata

Itulah tadi tutorial mengenai Cara Mengkompres File Menggunakan Zarchiver. 

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi temen temen semua!!. Jika ada pertanyaan, masukan, saran, atau apapun yang ingin disampaikan silahkan sikat aja kolom komentarnya.

Sampai jumpa!!!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengkompres File Menggunakan Zarchiver"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel